Entri Populer

Selasa, 06 Desember 2011

Indonesia Agrotech Outdoor Expo SOROPADAN AGROEXPO V-2011








Indahnya Bersahabat dengan Alam
Oleh Winwin dan Emil

Hem … liburan gini enaknya ngapain ya Sob. Eh meski liburan, tapi bagi anak kelas 6 harus sering datang juga ke sekolah, baik untuk mengurus ijazah atau untuk ke sekolah lanjutan, mengurus ini itu di sekolah yang baru.

Jadinya untuk pergi ke luar kota harus dipertimbangkan dulu waktunya. Seperti aku, Winwin yang kelas 6. Aku rasa sepekan liburan ke Jakarta, cukuplah. Di Jakarta aku sowan ke rumah Aki dan Nini (Kakek dan Nenek-Sunda) aku juga bertemu dengan teman-teman ku di Pondok Gede. Wah senangnya bisa kangen-kangenan.      

Ketika kembali ke Magelang ternyata di kota yang terkenal dengan makanan Getuknya ini tengah berlangsung Expo. Pemprov Jawa Tengah  pada tanggal 1-5 Juli 2011 mengadakan kegiatan Agro Expo yang Bertajuk Soropadan Agro Expo V 2011. Ternyata Kegiatan tersebut rutin dilaksanakan di STA Soropadan setiap dua tahun sekali, Sob.

Soropadan memang bukan di Magelang, tapi terletak di Jalan Magelang - Semarang km. 13 Pringsurat Temanggung, Jawa Tengah.  Berada di pinggiran Temanggung dan Megalang. Soropadan Agro Expo V 2011 merupakan ajang promosi produk-produk unggulan yang berwawasan ke depan, mengangkat serta menggarap potensi Agro Nusantara dalam upaya menembus Pasar Global. Soropadan Agro Expo V 2011 juga menjadikan Kawasan Agrowisata dan STA Soropadan sebagai pusat informasi, komunikasi dan teknologi Agro yang berbasis teknologi.

Alhamdulillah, Emil yang pergi ke Soropadan datang ketika acara pembukaan berlangsung. Acara ini dibuka Oleh Pak Menteri Pertanian Ir. H. Suswono, MMA bersama Gubernur Jawa Tengah Gubernur Jawa Tengah H. Bibit Waluyo.

Pelaksana kegiatan Soropadan Agro Expo V 2011 adalah Biro Bina Produksi Sekretariat Daerah Provinsi Jawa Tengah yang beralamat di Jl. Pahlawan No. 9 Semarang Gedung A Lt. 8 Telp/fax (024) 8450119 psw 490,491.

Kegiatan Soropadan Agro Expo V 2011 diikuti oleh Kementerian Pertanian, Instansi pusat lain, Pemerintah Provinsi se-Indonesia, pemerintah Kabupaten/Kota se-Indonesia, Perusahaan nasional dan Multinasional serta pelaku agribisnis. Selain itu kegiatan Soropadan Agro Expo V 2011 ini juga dapat diikuti oleh para pengambil keputusan dan pelaku usaha di bidang agribisnis baik berskala kecil, menengah dan besar termasuk intelektual/instansi pendidikan di bidang agro.

So, gak heran kalo kegiatan ini menyedot banyak pengunjung. Sebanyak 25 duta besar dari berbagai negara sahabat bakal menghadiri pelaksanaan Soropadan Agro Expo 2011, di Terminal Agribisnis Soropadan, Kabupaten Temanggung, sebagai salah satu upaya promosi komoditas unggulan hortikultura Jawa Tengah.

"Para duta besar ini akan diundang dalam pembukaan Suropadan Agro Expo yang dilaksanakan pada 2 Juli 2010," kata Pelaksana Harian Sekretaris Daerah Provinsi Jawa Tengah, Sriyadhi, di Semarang.

Para duta besar yang akan hadir dalam gelaran ini, lanjut dia, antara lain berasal dari kawasan Asia, Eropa, Afrika, serta Amerika.

Menurut dia, dalam kesempatan tersebut, para duta besar juga akan diajak untuk melakukan panen serentak sejumlah komoditas unggulan yang dipajang dalam gelaran tersebut.

"Dalam gelaran ini akan dipajang sejumlah tanaman hidup siap panen yang merupakan komoditas unggulan holtikultura Jawa Tengah," katanya.

Ia menuturkan, expo dua tahunan yang dibuka oleh Menteri Pertanian ini merupakan salah satu ajang promosi komoditas unggulan holtikultura ke luar negeri.

Ia menjelaskan, melalui ajang ini, diharapkan mata rantai perdagangan ke luar negeri dapat disederhanakan, dengan menghadirkan langsung sejumlah duta besar negara tujuan.

Berbagai komoditas yang dipamerkan dalam expo ini, lanjut dia, merupakan produk unggulan yang selama ini telah dipasok ke sejumlah negara, seperti Singapura, Malaysia, dan Jepang.

Beberapa komoditas unggulan tersebut di antaranya melon, lobak, semangka, sawi, kubis, cabai, dan sebagainya.

Soropadan Agro Expo 2011 yang mengambil tema "Mantapkan Kemitraan Dengan Dunia Usaha Untuk Mengembangkan Akses Pasar Global" akan digelar pada 2-5 Juli 2011.

Kegiatan yang juga akan diisi dengan sarasehan antara Gubernur Bibit Waluyo dan para petani ini ditargetkan dikunjungi oleh 30 ribu orang, dengan nilai transaksi yang terjadi mencapai sekitar Rp75 miliar.

Koordinator Peserta SAE V tahun 2011, Astri mengatakan SAE sebagai wahana tukar menukar informasi dan terciptanya transaksi produk dan teknologi di bidang pertanian, perikanan, perkebunan dan kehutanan.

"SAE ini tingkat nasional dan buyer (pembeli) yang datang adalah tingkat internasional," katanya, Jumat (1/7).

Sedikitnya 113 stand telah penuh terisi oleh satuan kerja perangkat daerah (SKPD) Propinsi Jawa Tengah dan propinsi tetangga, SKPD kabupaten/kota, serta berbagai perusahaan yang bergerak dibidang pertanian, perikanan, perkebunan dan kehutanan. UMKM dari daerah sekitar pun tidak ketinggalan turut meramaikannya. Mereka menampilkan berbagai produk unggulan.

Peserta dan pengunjung dapat memanfaatkan secara maksimal fasilitas yang disediakan panitia untuk mengadakan promosi penjualan produk, pengenalan produk unggulan dan teknologi agro, seminar/workshop, lokakarya serta temu bisnis.

Sob, kamu juga bisa menikmati Fasilitas penunjang yang tersedia di Soropadan seperti, panggung kesenian terapung, kolam pancing, restorasi terapung, rest area, ruang teater, play ground dan jogging track.

Mudah-mudahan kamu bisa ke Soropadan sekarang, jadi ga perlu menunggu 2 tahun lagi. Kalo kamu ke Soropadan, mampir ya ke rumahku.


Box
Pelaksanaan kegiatan Soropadan Agro Expo V 2011 bertujuan untuk:
  • Mengangkat dan menggarap potensi-potensi agro di tingkat local, regional dan nasional agar mampu bersaing secara terbuka dan professional di pasar global
  • Menciptakan ajang produksi agro unggulan untuk membuka peluang pasar baru serta memperluas jejaring agribisnis bagi produsen dan pengusaha agro nasional dengan menjadikan Soropadan sebagai vendor dan sector agribisnis terkemuka.
  • Membuka wawasan dan ajang pembelajaran teknologi pertanian bagi pihak-pihak yang menekuni dan berkompeten seta pihak yang berkecimpung di bidang agribisnis.
  • Menciptakan forum yang mempertemukan para pelaku agribisnis dengan pihak petani produsen dengan menciptakan ajang promosi produk-produk unggulan dengan pengusaha agro baik local, nasional maupun internasional serta para stakeholder lainnya.
  • Memperkenalkan dan mempromosikan berbagai produk agro unggulan nusantara pada pasar local, nasional maupun pasar global, dengan Soropadan sebagai pusat Informasi dan promosi.
  • Meningkatkan akses pasar global melalui forum Temu Usaha antara Petani dan buyer local, nasional maupun Internasional

Box
Manfaat Dilaksanakannya kegiatan Soropadan Agro Expo V 2011 adalah untuk :
  • Meraih peluang ekspor dan peningkatan investasi
  • Meningkatkan pangsa pasar baik di dalam maupun luar negeri
  • Meraih calon mitra investasi di dalam maupun di luar negeri
  • Meningkatkan business networking




Tidak ada komentar:

Posting Komentar