Entri Populer

Selasa, 22 Mei 2012

Mengintip Aktivitas Merapi dari Ketep Pass

Wisata sambil mengenal aktivitas dan sejarah Gunung Merapi, asyik juga petualangan bersama anak-anak mengisi liburan sekolah

Oleh Eman Mulyatman


Musim liburan sekolah sudah tiba, enaknya kemana ya? Bagi yang suka mendaki gunung atau mengamati keberadaan gunung berapi? Belum lengkap rasanya jika belum berkunjung ke tempat wisata yang satu ini. Ketep Pass, mungkin sebutan tempat wisata ini tidak asing terdengar bagi Pembaca yang tinggal di sekitar Yogyakarta atau Jawa Tengah. Ya, tempat yang dibangun sejak 2002 ini menjadi tempat rekreasi dan belajar yang menarik untuk dikunjungi saat kita berada di kota Magelang.

Bagi yang hobi mendaki memang ada kebahagiaan tersendiri saat bisa mencapai puncak gunung, dan melihat pemandangan di bawahnya, seraya mengucapkan lafaz takjub Subhanallah atas penciptaan Allah Yang Maha Agung, bahwa penciptaan alam beserta seisinya adalah tidak sia-sia.


Bagi yang punya anak-anak, tempat ini sangat pas untuk memperkenalkan gunung berapi pada anak-anak. Apa itu Ketep Pass? Ketep Pass merupakan suatu tempat wisata yang menyuguhkan panorama alam pegunungan di Desa Ketep, Kecamatan Sawangan, Magelang Jawa Tengah. Ketep Pass berada pada ketinggian 1.200 meter di atas permukaan laut. Ketep Pass diambil dari kata Ketep, Desa Ketep, yaitu tempat Ketep Pass berdiri, dan Pass diambil dari makna berada di puncak gunung. Ketep Pass berada di puncak Gunung Gondang, yang dahulunya sering ditemukan alat-alat rumah tangga yang dipakai di zaman nenek moyang. Kemudian mitos berkembang bahwa tempat tersebut akan mendatangkan rezeki bagi masyarakat di sekitarnya. Seperti yang kita ketahui, bahwa meyakini suatu mitos atau tahayul tidak dibenarkan dalam Islam. Namun dalam hal ini, kita bisa menghubungkan kemungkinan yang dapat muncul,bahwa sangat mungkin daerah yang dahulunya menjadi tempat peradaban, sekarang dimanfaatkan oleh masyarakat di sana untuk mencukupi kebutuhan mereka.

Posisi Gunung Gondang yang dikelilingi beberapa gunung, menjadi nilai tersendiri bagi gunung tersebut. melihat pemandangan sekeliling saat berada di puncaknya memudahkan penikmat pemandangan pegunungan mengetahui lokasi gunung Merapi, Gunung Merbabu, Gunung Sindoro, Gunung Sumbing dan Gunung Selamet. Konsep ini disebut dengan Panca Arga, yaitu lima gunung yang dapat dilihat dari Ketep Pass.


Saya yang menempuhnya dari jalur Sawangan, dengan motor sambil membonceng anak-anak, memang harus ekstra hati-hati. Karena jalan yang menanjak, dan berkelok. Kalau telat oper gigi, mesin bisa mati. Jadi ada ketegangan sedikit, yang mengasyikan untuk petualangan kecil. Ternyata, sebelum sampai ketep ada kebun strawberry, wah kita bisa memetiknya langsung sebelum ditimbang. Terus dekat gerbang Ketep Pass, ada saung yang menawarkan jagung bakar. Hmm… lumayan untuk menghangatkan tubuh.

Apa saja fasilitas rekreasi dan edukasi yang ada? Ketep Pass memiliki fasilitas Gardu Pandang, yaitu gardu yang bisa disinggahi sambil melihat pemandangan di sekeliling Ketep Pass. Gardu Pandang tersebut memiliki dua buah gazebo yang biasa digunakan pengunjung untuk menikmati keindahan alam Gunung Merbabu dan Gunung Merapi serta hamparan lahan pertanian di kaki kedua gunung tersebut.


Selain itu, ada yang lebih menarik lagi yaitu, Ketep Volcano Theatre. Yaitu sebuah bioskop yang dapat kita jumpai di Ketep Pass. Bedanya dengan bioskop-bioskp lain, Ketep Volcano Theatre ini menyuguhkan filmtentang Gunung Merapi dan segala aktifitas vulkaniknya. Terdapat pula cerita tentang sejarah dari Gunung Merapi dari peristiwa terbentuknya hingga saat ini. Gambaran betapa menderitanya masyarakat di sekitar
lereng Gunung Merapi yang rumah dan lingkungannya bermandikan awan panas atau kita sebut Wedhus Gembel juga menambah pengunjung akan informasi yang didapat. Dengan suguhan seperti yang bisa kita dapat tersebut sob, kita makin menyanjung Allah bahwa Ia menjadikan suatu hal terjadi seperti gunung meletus pasti ada maksudnya.


Dan menjadikan setiap diri tersadar bahwa semua merupakan kuasa Allah dan semua akan kembali pada Allah.


 Tempat ini memang cocok untuk mengenalkan gunung berapi pada Anak-anak seperti, Ketep Volcano Center, yaitu museum Volcanologi pada bangunan yang memiliki luas kurang lebih 550 m persegi. Di dalamnya terdapat miniatur Gunung Merapi, computer interaktif yang berisi informasi kegunungapian, serta batuan-batuan bukti dari hasil letusan gunung. Beberapa poster pegunungan juga berada di museum yang biasa digunakan penunjung untuk berpose di depannya kemudian diambil gambarnya.



Kalau kurang puas,  Ketep Pass juga memiliki dua buah teropong yang disediakan untuk memuaskan para pengunjung untuk melihat lebih dekat pegunungapian. Panorama Gunung Merapi, Gunung Merbabu, dan gunung-gunung lainnya dapat dengan jelas diamati dengan menggunakan teropong tersebut.



Suhu di Ketep Pass sangat sejuk, maka dari itu tidak heran jika pedagang jagung bakar dan makanan hangat santap selalu laris dibeli pengunjung yang datang. Sambil menikmati pemandangan yang Allah sediakan untuk hambanya, sambil menyantap jagung bakar Sob?? Behh mantab banget deh.. Tapi lagi-lagi ketika meniatkan diri untuk melakukan rekreasi semacam ini, atau pendakian adalah hanya untuk Allah saja ya. Semoga Ketep Pass ini selalu dapat menjadi sarana mendekatkan diri kita pada sang ilahi. Amiin Ya Rabb.



Didukung oleh:
DAWACER
Herbal untuk penderita kanker, menghambat pertumbuhan Kanker

Deskripsi

Nomor izin : POM TR. 113 328 101

KHASIAT & KEGUNAAN :
Secara tradisional digunakan pada penderita kanker. Bermanfaat untuk menghambat pertumbuhan sel kanker, membunuh sel kanker, serta membantu merevitalisasi sel-sel tubuh yang terkena kanker.

Tiap kapsul ( 500 mg ) mengandung :

    Curcuma zedoaria rhizoma ekstrak          150 mg
    Typhonii herba ekstrak                             100 mg
    Andrographis herba ekstrak                       75 mg
    Curcumae longa rhizoma                            50 mg
    Merremiae tubera                                       50 mg
    Gynura folium ekstrak                                 50 mg
    Curcumae manggae rhizoma                      25 mg


EFEK FARMAKOLOGI :

1. Curcuma zedoaria rhizoma ekstrak
Kunir putih, mengandung zat aktif zedoarin, kurdiona, dan kurkumol. Zat – zat tersebut bersifat antikanker dengan merusak pembentukan ribosom pada sel – sel kanker dan jaringan liar dengan cara meningkatkan pembentukan jaringan fibroblast di sekeliling jaringan kanker, lalu membentuk jaringan limfosit dalam sel – sel jaringan kanker dan membungkusnya sehingga sel – sel kanker tersebut tidak dapat berkembang.

2. Typhonii herba ekstrak
Khasiat umbi keladi tikus mampu menghambat pertumbuhan sel kanker karena mengandung senyawa triterpenoid, yang bekerja dengan menghambat aktivitas enzim DNA. Enzim itu berperan dalam proses replikasi dan proliferasi sel kanker.

3.  Andrographis herba ekstrak
Senyawa andrografolid dalam sambiloto dapat menghambat perkembangan sel kanker dengan memblokir aktivitas enzim DNA topoisomerase II yang berperan dalam proses penggandaan sel kanker.

4. Curcumae longa rhizome
Kurkumin pada kunyit memiliki toksisitas selektif tang dapat menghancurkan sel kanker, mampu memperlambat penyebaran kanker dan pertumbuhan sel tumor dalam pembuluh darah.

5. Merremiae tubera
Dikenal dengan nama bidara upas, komponen kimianya banyak mengandung zat antikanker dengan cara menghambat pertumbuhn sel – sel kanker. Diantrnya kandungan zat oksidase pada getah segar bidara upas memiliki peranan dalam pengobatan kanker alternatif.

6. Gynura folium ekstrak
Ekstrak daun dewa, mengandung saponin, flavonoid, dan minyak atsiri mampu menghambat pertumbuhan sel kanker. Penelitian secara laboratories dari BATAN, ekstrak daun dewa mampu menghmbat pertumbuhan tumor pada hewan uji.

7. Curcumae manggae rhizoma
Kunyit putih, antioksidan pada kurkumin mencegah kerusakan asam deoksiribonukleat dimana kerusakan gen adalah salah satu penyebab terjadinya kanker. Selain itu kurkumin mengandung RIP yang memblokade perkembangbiakan sel kanker.

ATURAN PAKAI :
Dewasa : 3 X 2 kapsul per hari
Diminum 1 jam sebelum makan

Isi Kemasan :
Botol @ 50 kapsul

Harga Rp 45.000
*Belum termasuk ongkir
Hubungi: Ayu 0817 017 1967 atau Dian 081808283068
 

Produksi : Toga Nusantara
Pusat Herbal Berizin Resmi
Pengawasan Obat dan Makanan (POM)
dan Label Halal Majelis Ulama Indonesia (MUI)
Halal Legal Aman dan Berkhasiat
TERJAMIN!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar