Entri Populer

Sabtu, 10 Maret 2012

Menghijaukan Kembali Sektor Pertanian

 Industri pertanian adalah salah satu kunci terciptanya ekonomi hijau, ekonomi yang ramah alam. Simak 13 langkah menghijaukan sektor terpenting di negara agraris ini




















Sektor pertanian selama ini bertanggung jawab atas 14% emisi gas rumah kaca global. Jika digabung bersama sektor kehutanan, sumbangan gas rumah kaca kedua sektor tersebut bisa mencapai 33%.

Industri pertanian juga menjadi salah satu penyebab utama perubahan fungsi lahan, memicu penggundulan hutan.

Sektor pertanian yang dikelola secara berkelanjutan akan membawa banyak manfaat yaitu menjamin keamanan pangan, kelestarian alam, penyerapan karbon, menciptakan lapangan kerja dan kehidupan yang lebih layak.

Sektor pertanian yang ramah alam juga bisa memerbaiki kerusakan alam, mengembalikan kesuburan tanah, fungsi lahan resapan dan menciptakan habitat bagi keanekaragaman hayati.

Di luar pembangunan infrastruktur, upaya menghijaukan industri pertanian berperan penting untuk memenuhi kebutuhan pokok masyarakat baik di perkotaan maupun di pedesaan.

Investasi di sektor pertanian menjamin keamanan gizi, keamanan pangan serta kesejahteraan masyarakat sekaligus mengurangi emisi dan dampak negatif pemanasan global.

Semua manfaat itu bisa diraih dengan mengikuti 13 langkah berikut:




1. Mengurangi jarak antara lahan pertanian dengan konsumen. Di negara maju, produk-produk pertanian seringkali harus menempuh jarak ribuan kilometer sebelum sampai di meja makan. Dengan mengurangi jarak antara lahan pertanian dan konsumen, konsumen akan bisa menikmati produk yang lebih segar dan sehat, sekaligus mengurangi emisi karbon di perkotaan.

2. Meningkatkan dan mengelola kesuburan tanah, dengan cara mengurangi pupuk kimia dan pestisida untuk beralih ke sistem pertanian organik.


3. Memanen dan menggunakan air secara lebih efisien. Dua proses tersebut bertujuan untuk menghemat energi dan air untuk irigasi dan kebutuhan rumah tangga.

4. Mengurangi dampak negatif peternakan terhadap lingkungan. Hal ini bisa dilakukan salah satunya dengan mengolah limbah peternakan menjadi energi seperti biogas.


5. Mengembalikan fungsi predator dan penyerbuk alami, dengan menjaga habitat dan keanekaragaman hayati.

6. Menciptakan berbagai program sosial guna meningkatkan daya tahan ekonomi masyarakat dan petani miskin diantaranya melalui sistem jaring pengaman sosial.


7. Memerkuat pasar dan manajemen risiko pertanian. Di negara agraris, menciptakan pasar yang kuat bisa dilakukan dengan mengembangkan pasar dalam negeri dan pasar ekspor, melindungi petani dari produk-produk pertanian impor yang biasanya tidak sehat dan ramah lingkungan.

8. Memerkenalkan sistem pertanian cerdas yang ramah iklim (climate smart agriculture),  dengan cara mengelola lahan dan limbah pertanian secara hijau. Misal dengan tidak membakar limbah pertanian sembarangan. Mengubah limbah pertanian menjadi energi dengan bantuan teknologi dan sistem manajemen lahan.


9. Menjaga sumber genetik untuk meningkatkan kualitas dan kuantitas produk pertanian melalui bantuan riset dan pengembangan.

10. Mencegah hilangnya produk paska panen, dengan memerbaiki sistem transportasi produk-produk pertanian.


11. Memerbaiki teknologi pemrosesan produk-produk pertanian, sehingga produk pertanian bisa lebih awet dan bernilai ekonomi.

12. Mengubah pola makan, dengan memilih bahan-bahan makanan yang ramah lingkungan (sustainable diets). Misal dengan memilih daging dan sayuran organik lokal yang lebih ramah lingkungan untuk mengurangi jejak karbon.


13. Mengurangi makanan dan bahan makanan yang terbuang. Banyak dapur rumah tangga dan restoran di negara maju yang masih membuang sisa-sisa bahan makanan atau makanan yang sudah jadi. Hindari membuang makanan dan bahan makanan sembarangan. Ingat, di negara miskin terutama di wilayah Afrika, masih banyak penduduk dunia yang kelaparan. Konsumsi makanan dan bahan makanan secara efektif dan efisien.

Ketigabelas langkah tersebut penting untuk menciptakan sistem pertanian yang ramah lingkungan. Ayo ciptakan sistem pertanian yang berkelanjutan. Ayo kembali ke alam dengan sistem pertanian organik.

Catatan Redaksi:

Data-data dalam artikel ini diambil dari laporan Perserikatan Bangsa Bangsa (PBB) berjudul Working towards a Balanced and Inclusive Green Economy, yang diterbitkan Desember, 2011.

Redaksi Hijauku.comhttp://www.hijauku.com/2012/01/19/menghijaukan-kembali-sektor-pertanian/

 
 
~ Gersang ~
~ Artis (Band):  Nicky Astria / Ian Antono,

Kini tak pernah
aku nikmati lagi
Indahnya alam desaku

Sawah yang hijau
Gunung luas terbentang
Kemarau tak nampak lagi

Tak kudengar lagi
seruling gembala
lagukan kidung pujian

Tiada kudengar lagi
desah dedaunan
mewarnai alam ini

Gersang melanda
wajah desaku
semakin pucat pasi
tiada berseri

Gersang melanda
wajah desaku
Kering merekah
tanpa kehidupan

Tanpa kehidupan!..

~{}~

Tak kudengar lagi
seruling gembala
nyanyikan kidung pujian

Tiada kudengar lagi
desah dedaunan
mewarnai alam ini

Gersang melanda
wajah desaku
semakin pucat pasi
tiada berseri

Gersang melanda
wajah desaku
Kering merekah
tanpa kehidupan

Kepada siapa? Aku mengadu
Air sungai penuh sampah
limbah industri

Kepada siapa? Aku bertanya
Bencana yang terjadi
Ulah siapa??

Kepada siapa?

Kepada siapaaaaa….. 

GURANATUR 
Meredakan Batuk dan Peluruh Dahak

Legalitas : POM TR. 113328111

KHASIAT & KEGUNAAN :

Untuk membantu meredakan batuk.

Tiap kapsul ( 500 mg ) mengandung :

    Zingiberis rhizoma ekstrak                          250 mg
    Andrographis folium ekstrak                       150 mg
    Clerodendron radix                                     100 mg

EFEK FARMAKOLOGI :

                 1.    Zingiberis rhizoma ekstrak

Dikenal dengan nama jahe, mengandung zat aktif minyak atsiri 1,8 cineole yang berfungsi merangsang saraf pusat untuk menekan batuk. Ekstrak jahe juga mengandung oleoresin dan gingerol yang berbau harum khas jahe yang berfungsi untuk merangsang, mengencerkan dahak sehingga mudah untuk dikeluarkan, khasiat lain mencegah dan mengobati mual & muntah karena jahe mampu memblok serotonin yaitu senyawa kimia yang dapat menyebabkan perut berkontraksi sehingga timbul rasa mual. Jahe juga mengandung enzim pencernaan yaitu protease dan lipase sehingga dapat membantu memperbaiki pencernaan dan memperkuat lambung.

2.   Andrographis folium ekstrak

Sambiloto, zat aktif andrografolid ( zat pahit ) berkhasiat sebagai antibiotik alami untuk mengobati infeksi pernapasan atas yang menyebabkan batuk & sakit tenggorokan.

3.  Clerodendron radix

Dikenal dengan akar senggugu, mengandung glikosida fenol, sitosterol, dan asam seratogenat yang berkhasiat bronkodilator ( melonggarkan saluran napas ), antimikroba ( menghambat pertumbuhan bakteri ) dan banyak digunakan untuk pengobatan batuk yang disertai alergi, asma, dan bronkhitis.


ATURAN PAKAI :
Dewasa 3 X 2 kapsul per hari
Diminum 1 jam sebelum makan
Botol @ 50 kapsul

Harga Rp 45.000
*Belum termasuk ongkir
Hubungi: Ayu 0817 017 1967 atau Dian 081808283068
Produksi : Toga Nusantara
Pusat Herbal Berizin Resmi
Pengawasan Obat dan Makanan (POM)
dan Label Halal Majelis Ulama Indonesia (MUI)
Halal Legal Aman dan Berkhasiat
TERJAMIN!



Tidak ada komentar:

Posting Komentar